Foto Bersama Lokakarya

Esaunggul.ac.id, Rendahnya kemampuan membaca dan menulis siswa Indonesia masih menjadi isu nasional yang terus diupayakan solusinya. Untuk berkontribusi dalam upaya peningkatan kemampuan membaca dan menulis siswa di tingkat Sekolah Dasar (SD), dosen Universitas Esa Unggul dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Fakultas Psikologi menyelenggarakan lokakarya pembelajaran literasi baca tulis di Sekolah Dasar sebagai bagian dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). 

Kegiatan ini berlangsung pada 13 September 2022 mulai pukul 09:00 hingga 13:00 WIB di SD Al Marhamah Jakarta. Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini melibatkan tiga dosen dan lima mahasiswa dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Program Studi Psikologi. 

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penelitian sebelumnya yang dilakukan di sekolah tersebut. Rekomendasi penelitian untuk menyelesaikan masalah di sekolah tersebut diwujudkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini,” ucap Ketua pelaksana kegiatan PKM, Sri Lestari, M.A.

Pelaksanaan PKM diawali dengan asesmen EGRA (Early Grade Reading Assessment) untuk mengidentifikasi kemampuan membaca siswa kelas 1 SD sebanyak 12 siswa. Hasil dari asesmen ini menunjukkan Sebagian besar siswa belum dapat membaca huruf dan kata. Hasil ini dapat menjadi bukti dan gambaran kemampuan membaca siswa kelas permulaan untuk menjadi bahan bagi guru menyiapkan metode pembelajaran yang akan digunakan. 

Selanjutnya, lokakarya untuk para guru dilakukan dalam dua sesi yaitu mengenai Konsep Dasar dan Metode Pembelajaran Literasi Baca Tulis serta Penyusunan Rencana Kegiatan Literasi di Sekolah. Kegiatan ini berupa pemaparan materi oleh narasumber, Khusnul Fatonah, M.Pd dan Sri Lestari, M.A dilanjutkan dengan diskusi penyusunan rencana kegiatan pembelajarn literasi di sekolah. 

Dokumentasi Saat Kegiatan

Sebelum kegiatan lokakarya dilakukan, para guru sebagai peserta mengerjakan pre-test. Hasil pre-test menunjukkan bahwa par aguru masih awam dengan metode pembelajaran literasi baca tulis. Pemateri memberikan beberapa contoh penerapan metode pembelajaran literasi baca tulis seperti metode abjad, metode bunyi, metode silaba, metode kata lembaga, metode global, dan metode SAS. 

Beberapa kegiatan di sekolah yang cukup menarik untuk meningkatkan minat membaca dan menulis siswa diantaranya dengan pembelajaran berbasis proyek yaitu membuat Kalender Cerita, BigBook, ScrapBook, atau Graphic Organizer. Dalam penyusunan kegiatan literasi di sekolah, para guru merencanakan kegiatan klub membaca dan membaca nyaring. Dalam klub membaca tersebut, guru akan melakukan berbagai metode pembelajaran literasi berbasis proyek yang telah direkomendasikan sebelumnya. 

Kegiatan ini berjalan lancar dan interaktif. Dalam diskusi, guru juga menyampaikan kendala dalam mengajar para siswa membaca dan menulis. Kepala sekolah, Bapak Muhammad Yusuf, S.Pd.I dan para guru berharap, kegiatan semacam ini akan berlanjut mengingat SD Al Marhamah sebagai sekolah swasta masih membutuhkan kegiatan pengembangan kompetensi guru. Harapannya, kemampuan guru meningkat, kemampuan siswa juga berkembang dan sekolah dapat membangun lingkungan (ekosistem) literasi dengan baik. 

Baca juga: Berita Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Kunjungi juga: Universitas Esa Unggul, Kampus Tangerang. Universitas Esa Unggul, Kampus Bekasi