Project Description

Dosen UEU Yang Berhasil Masuk Kampus Mengajar

Esaunggul.ac.id, Sebanyak 8 Dosen Universitas Esa Unggul berhasil lolos dalam program Kampus Mengajar yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 8 dosen yang lolos tersebut merupakan dosen yang berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UEU, Dr. Harlinda Syofyan, S.Si, M.Pd. mengatakan nantinya para dosen yang lolos ini akan Membimbing tim mahasiswa dari berbagai prodi dan universitas yang telah diploting oleh kemdikbud.

“Jadi nantinya para dosen akan membimbing Tim mahasiswa yang diikutsertakan dalam kampus mengajar, jumlah satu tim itu terdiri lima hingga delapan mahasiswa yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi,” terangnya.

Mekanisme dari kegiatan kampus mengajar ini, Harlinda melanjutkan diawali dengan pengantaran ke suku dinas pendidikan sesuai lokasi sekolah yg ditunjuk, Kemudian pengantaran ke sekolah tempat tim mahasiswa melakukan kegiatan kampus mengajar.

Dirinya pun menerangkan selain membimbing Tugas para dosen dalam program ini yakni tiap hari mengecek logbook mahasiswa, akhir minggu mengecek laporan mingguan, dua minggu sekali melakukan sharing session untuk pemecahan masalah yg terjadi di lapangan.

” Delapan dosen yang tersebar ini membimbing tugas di jakarta barat, jakarta timur, jakarta pusat, jakarta selatan, dan jakarta utara,” ucapnya.

Proses kegiatan Kampus mengajar ini akandisesuikan sesuai denga Suku dinas Pendidikan dan sekolah yang menjadi tempat kegiatan Indonesia mengajar, mengigat di masa pandemi ini akses kegiatan offline dibatasi.

“Pengantaran ke sudin dan sekolah dikondisikan sesuai kebijakan masing-masing dinas dan sekolah, ada yang online ada yang offline. Tapi pembimbingan mahasiswa dikontrol via sistem mbkm (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang telah disediakan kemdikbud, Bila diperlukan DPL juga berkomunikasi dg guru pamong yg ditunjuk kepala sekolah untuk memperlancar kegiatan ini,” terangnya.

Harlinda pun berharap kegiatan ini mampu meningkatkan pengembangan pendidikan di masyarakat dan menjadi pengalaman baru baik bagi dosen maupun mahasiswa Universitas Esa Unggul.

“Mudah-mudahan ini menjadi “pengalaman yang bernilai” bagi para sivitas Esa Unggul khususnya para dosen dan mahasiswa agar mereka mendapatkan skill dan suasana bagimana situasi mengajar di lapangan dan khusus bagi dosen untuk mencapai Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi nomor tiga yakni dosen berkegiatan di luar kampus” tutupnya.

Delapan dosen Universitas Esa Unggul yang berhasil lolos yakni:

1 0329038306 ABD. HALIM PGSD
2 0306049002 KHUSNUL FATONAH PGSD
3 0331018205 SRI LESTARI Pendidikan Bahasa Inggris
4 0424027302 HARLINDA SYOFYAN PGSD
5 0328119301 EZIK FIRMAN SYAH PGSD
6 0301078403 AINUR ROSYID PGSD
7 0318088404 NONI AGUSTINA Pendidikan Bahasa Inggris
8 0414057904 MEIYANTI NURCHAERANI, S.S., M.Hum Pendidikan Bahasa Inggris