Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) – Akreditasi B

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) akan mendapatkan dukungan dari sistem, sarana dan prasarana yang telah ada dan dikembangkan di lingkungan civitas akademika UEU yang meliputi pengembangan jiwa kewirausahaan dan trampil memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) melalui pembelajaran hybrid learning. Terdapat bidang-bidang dari fakultas di lingkungan Universitas Esa Unggul yang berpotensi untuk turut berkontribusi pada pengembangan Program Studi PGSD yang memiliki ciri khusus seperti unggul dalam bidang kesehatan, bidang psikologi, dan bidang ilmu komputer dan komunikasi. Hal tersebut merupakan tiga pilar keunggulan Universitas Esa Unggul dalam menyelenggarakan pembelajaran kepada mahasiswa yaitu kewirausahaan, teknologi informasi dan kemampuan berkomunikasi internasional.

Oleh karena itu, mata kuliah yang diberikan pada program studi PGSD, selain mata kuliah yang dikelola oleh universitas yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Agama, Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila, Matematika, Statistika, Pengantar Aplikasi Komputer, Sosial Budaya, dan Filsafat Ilmu, juga terdapat rumpun mata kuliah yang dikelola lintas fakultas seperti Psikologi Sosial, Psikologi Pendidikan, Aplikasi Komputer Tingkat Lanjut, Komunikasi dan Ilmu Kesehatan, Pengembangan disain pembelajaran berbasis web. Sedangkan mata kuliah lainnya yang dikelola oleh PS PGSD minimal 60% dari total seluruh mata kuliah yang harus ditempuh.

Universitas Esa Unggul telah memiliki pengembangan bentuk pembelajaran berbasis teknologi informasi sejak tahun 2007 dan kemudian didukung dengan perolehan hibah PHK-I tema B sejak 2011 untuk mengembangkan sistem informatika tersebut. Sesuai dengan yang telah diimplementasikan pada 21 program-program studi strata 1 yang sudah menerapkan hybrid learning, pembelajaran berbasis web sehingga pembelajaran selain tatap muka juga diperkaya dengan materi pembelajaran dan komunikasi/konsultasi melalui internet (online). Program Studi PGSD akan mempersiapkan bahan-bahan ajar dalam bentuk hybrid learning. Dengan fasilitas SADA (Sentralisasi Administrasi dan Desentralisasi Akademik) memungkinkan program studi berfokus pada pengembangan dan penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi karena bidang administrasi ditangani oleh tingkat universitas.

Hubungan Prodi PGSD dengan Prodi lain di Universitas Esa Unggul

Subtansi dari berbagai program studi lain yang dapat mendukung program studi baru, seperti dari program studi Psikologi, Ilmu Komputer, Ilmu Kesehatan, Ilmu Komunikasi, dan Desain Produk yang bisa menyumbangkan terapannya dalam mendukung kualitas pembelajaran program studi PGSD yang akan dibuka sebagai keunggulan. Sebagai contoh : terapan dari program studi psikologi adalah teori perkembangan anak, teori belajar dan pembelajaran, psikologi komunikasi, parenting, dll; terapan dari ilmu computer adalah teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan; terapan dari program studi ilmu-ilmu kesehatan adalah menggenalkan dan membiasakan pola hidup sehat sejak dini, ilmu penyakit, gizi , dan anatomi sebagai penguatan subtansi rumpun mata kuliah IPA; terapan ilmu komunikasi adalah penguatan kompetensi berkomunikasi secara empatik dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris sebagai daya saing lulusan; terapan dari program studi desain produk adalah kompetensi merancang dan menyajikan media pembelajaran interaktif; pembentukan karakter untuk menjadi warga negara yang baik dalam pendidikan IPS dan menanamkan nilai-nilai disiplin, ketangguhan, kreativitas dan inovasi dalam pendidikan entrepreneurship. Kajian atas kontribusi terapan dari berbagai disiplin ilmu yang ada di Universitas Esa Unggul didalam struktur pengelolaan PGSD yang akan di rintis akan menghasilkan lulusan-lulusan tenaga pendidik yang memiliki keunggulan dan ciri khas yang berbeda dengan PGSD lainnya.

Profil Lulusan Program Studi PGSD

  1. Lulusan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berkepribadian yang ditunjukkan dengan prilaku guru sekolah dasar yang mengutamakan nilai-nilai disiplin, arif, bijaksana, hidup sehat dan bugar.
  2. Lulusan yang mampu merancang, melaksanakan dan menilai proses pembelajaran di sekolah dasar yang mengacu pada pencapaian tujuan belajar baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik.
  3. Lulusan yang menguasai materi pembelajaran, metodologi pembelajaran dan dapat merancang media pembelajaran yang interaktif yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran operasional konkrit di tingkat sekolah dasar.
  4. Lulusan yang menguasai ilmu mendidik sehingga dapat menerapkan didaktik-metodik dalam menumbuhkembangkan peserta didik di tingkat sekolah dasar.
  5. Lulusan yang mampu mengembangkan bidang keilmuannya melalui penelitian tindakan kelas berbasis pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan IPTEK, berwawasan global, kreatif, dan inovatif.
  6. Lulusan yang mampu berkomunikasi empatik dan berjiwa kewirausahaan serta memenuhi kebutuhan masyarakat di tingkat sekolah dasar.

Profil lulusan di atas mengacu pada Standar Kompetensi Guru Kelas (SKGK) SD/MI yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Profesi dan Karir Lulusan

Berprofesi sebagai guru sekolah dasar yang mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran di sekolah dasar yang mengaktifkan siswa dengan kegiatan yang bermakna untuk mencapai tujuan pembelajaran di SD yang meliputi penguasaan lima mata pelajaran pokok (Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Alam serta mampu mengembangkan mata pelajaran pendukung lainnya.

Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang unggul dalam tridharma Perguruan Tinggi, kreatif, inovatif, berjiwa wirausaha dan berwawasan global pada tahun 2033.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan guru sekolah dasar yang bermutu, kreatif, inovatif, dan relevan, serta mengedepankan penguasaan teknologi Informasi dan komunikasi, kepedulian terhadap kesehatan dan Psikologi perkembangan.
  2. Menciptakan suasana akademik yang kondusif untuk membangun insan yang berjiwa kepemimpinan dan kewirausahaan yang berkarakter dan berwawasan global.
  3. Mengembangkan penelitian inovatif dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan guru sekolah dasar dan ke-SD-an
  4. Membantu pemerintah dan masyarakat dalam memecahkan permasalahan di bidang pendidikan dasar

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memenuhi standar kompetensi guru kelas SD yang meliputi kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengelola lembaga pendidikan dasar dan memiliki jiwa kewirausahaan.
  3. Menghasilkan lulusan yang dapat mengembangkan dan menerapkan IPTEKS terhadapa pengembangan penelitian pendidikan sekolah dasar yang mandiri dan kreatif untuk terwujudnya masyarakat madani Indonesia.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki moral, etika yang tinggi, dan berkontribusi terhadap masyarakat dan mampu berwawasan global.

Proses Pembelajaran

  1. Masa Orientasi Mahasiswa baru diawali dengan pembekalan softskill (training: ESQ, leadership, entrepreneur, communication, dan self confidence)
  2. Progam Bahasa Inggris secara komperehensif (TOEFL & TOEIC)
  3. Kemajuan belajar mahasiswa dievaluasi berdasarkan sistem evaluasi kemajuan belajar yang meliputi ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, dan penyelesaian tugas rumah dan praktikum
  4. Pembelajaran berbasis Hybrid Learning (intranet dan internet sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan referensi
  5. Praktikum di Laboratorium dengan fasilitas terbaik
  6. Bimbingan Akademik
  7. Mengadakan Kuliah Umum dan Dosen Tamu dari pakar dan praktisi profesional
  8. Mengadakan Seminar, Lokakarya, Pelatihan dan Diskusi interaktif
  9. Ekstrakulikuler melalui Unit Kegiatan Mahasiswa
  10. Praktek Kerja Lapangan di perusahaan nasional dan multinasional

Profesi dan Karir Lulusan

Berprofesi sebagai guru sekolah dasar yang mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran di sekolah dasar yang mengaktifkan siswa dengan kegiatan yang bermakna untuk mencapai tujuan pembelajaran di SD yang meliputi penguasaan lima mata pelajaran pokok (Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Alam serta mampu mengembangkan mata pelajaran pendukung lainnya.

Esa Unggul Career Center :

  1. Sebagai lembaga yang membantu membentuk lulusan yang trampil, mahir dan berkepribadian untuk menghadapi tantangan dunia kerja melalui program pelatihan dan pengembangan.
  2. Menyediakan informasi peluang kerja bagi mahasiswa dan lulusan UEU di jaringan komunikasi konvensial dan elektronik (www.esaunggul.ac.id).
  3. Mengelola jaringan komunikasi (networking) antara alumni.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga profesi, bisnis, pelayanan kesehatan, industri jasa dan manufaktur dalam rangka penyaluran SDM lulusan UEU

Fasilitas

  • Laboratorium Komputer

  • Studio Fotografi

  • Studio Televisi

  • Lapangan Basket

  • Lapangan Futsal

  • Lapangan Voli

  • Perpustakaan

  • Ballroom Kemala

  • Masjid

  • Studio Radio

  • Kantin

  • Klinik Fisioterapi

  • Studio E-Learning

  • BI Corner

  • C’BEZT Fried Chicken Restaurant

  • Danau

  • Climbing

Testimoni Alumni

Pengalaman saya berkuliah di FKIP-PGSD sangat berkesan, banyak ilmu yang saya dapat dan kesempatan untuk berkembang dengan perkuliahan yang menyenangkan karena banyak praktek yg dapat kita lakukan. Organisasi juga menjadi hal yang berpengaruh bagi karir saya, pastinya dengan support dari Dosen dan Dekanat demi menunjang kegiatan mahasiswa.

Arrazzaq, S.Pd
HR – People Development Manager

Kuliah di Esa Unggul sangatlah berkesan dan tidak terlupakan, khususnya di Prodi PGSD. Pembelajaran yang diberikan fleksibel dan selalu berkembang sehingga membutuhkan daya juang dalam hal belajar yang tinggi. Disamping dosen yang seru dan berpengalaman dalam bidangnya, teknik penyampaian mata kuliah mudah untuk dipahami.

Evalin Ndoen, BSM., S.Pd., M.Pd
Wakil Kepala Sekolah, SD Gita Bangsa School

Saya sangat bangga menjadi alumni Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Esa Unggul, karena Esa Unggul menjadi kampus favorit saya semenjak saya menginjakkan kaki kampus tercinta, dengan fasilitas yang lengkap seperti Studio Microteaching, perpustakaan yang baik, lab komputer yang sangat memadai, dan lingkungan belajar yang baik. Tidak hanya itu, Para Dosen yang sangat baik dan seru sehingga saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena bimbingan beliau semua saya mendapat ilmu yang sangat banyak dari mendapatkan praktik pengalaman mengajar serta dapat mempelajari seluruh mata pelajaran. Terima Kasih FKIP Esa Unggul.

Inggrid Devi Putri Arum Sari, S.Pd
Project Monitoring di PT. Surala Suluh Karsa

Testimoni Alumni

Pengalaman saya berkuliah di FKIP-PGSD sangat berkesan, banyak ilmu yang saya dapat dan kesempatan untuk berkembang dengan perkuliahan yang menyenangkan karena banyak praktek yg dapat kita lakukan. Organisasi juga menjadi hal yang berpengaruh bagi karir saya, pastinya dengan support dari Dosen dan Dekanat demi menunjang kegiatan mahasiswa.

Arrazzaq, S.Pd
HR – People Development Manager

Kuliah di Esa Unggul sangatlah berkesan dan tidak terlupakan, khususnya di Prodi PGSD. Pembelajaran yang diberikan fleksibel dan selalu berkembang sehingga membutuhkan daya juang dalam hal belajar yang tinggi. Disamping dosen yang seru dan berpengalaman dalam bidangnya, teknik penyampaian mata kuliah mudah untuk dipahami.

Evalin Ndoen, BSM., S.Pd., M.Pd
Wakil Kepala Sekolah, SD Gita Bangsa School